Kamis, 11 April 2024

Film Remaja Berandalan Yang Berjuang Mengenyahkan Ego (Film Gridion Gang)

Di film ini, Dwayne Johnson berperan sebagai Sean Porter, petugas rehabilitasi di penjara tersebut. Menjalani tugasnya, Porter merasa frustasi dengan kemungkinan bila para remaja tersebut keluar dari penjara, mereka akan melakukan kejahatan lagi.

Atau kemungkinan paling terburuk, mereka akan meninggal karena terlibat dalam tindakan berbahaya.
Karenanya, dia memikirkan cara agar bagaimana remaja itu benar-benar bisa keluar dari 'dunia hitam. Maka, dia pun berinisiatif membentuk tim football America di pusat penahanan tersebut.

Selain itu, sebagai mantan pemain football America (di kehidupan nyata Dwayne Johnson pun memang demikian), Porter berharap dengan membentuk tim olahraga, para remaja berandalan ini bisa berlatih bertanggung jawab dan juga bekerja sama.

Singkat kata, Porter ingin membuat para remaja yang sering dianggap pecundang itu bisa berusaha memperjuangkan kehidupannya. Mereka bisa menjadi manusia yang bangga dengan dirinya sendiri.

Bersama rekannya, Malcolm Moore yang diperankan rapper Xzibit, Porter berhasil membentuk tim fotball bernama Kilpatrick Mustangs. Mereka ingin ikut kompetisi. Hanya saja, waktu menuju kompetisi hanya menyisakan empat minggu.

Tentu saja, tidak mudah mengubah kepribadian dan kebiasaan remaja-remaja yang hobinya gegeran dan bikin konflik, menjadi pemain football yang disiplin. Ketika latihan banyak masalah terjadi. Utamanya perselisihan antar pemain.

Di sinilah hebatnya Dwayne Johnson. Dia cukup piawai menghidupkan sosok Porter sebagai pelatih yang keras, bersahabat dan punya kalimat-kalimat hebat untuk memotivasi timnya.

Porter tahu, dirinya dihadapkan pada tugas berat membantu anak-anak bermasalah itu keluar dari masalahnya. Namun, dia percaya football bisa membuat mereka jadi lebih punya tanggung jawab, dekat satu sama lain, punya rasa solidaritas, bekerja sama dan menjadi juara.

"Right now, you are all losers, but if you accept this challenge and stick with the program you are all going to be winners at the end," ujar Porter, saat meyakinkan pemainnya bahwa mereka bisa menjadi pemenang. Bukan pecundang.

Pesan dari Gridiron Gang untuk Kita
Adegan terbaik film ini muncul ketika Porter berkeinginan membesuk ibunya yang tengah sakit keras di rumah sakit tapi berbarengan dengan jadwal latihan tim. Dia lantas memutuskan melatih.

Namun, Porter dibuat penasaran karena tidak ada satupun pemain yang berlatih. Ketika masuk ke kamar ganti pemain, ia mendapati pemainnya sudah menyiapkan rangkaian bunga untuk ibunya.

"Semoga dia cepat sembuh dan bisa melihat kami bermain," ujar salah seorang pemain.

Adegan ini menyentuh. Sebab, rasa simpati itu dilakukan oleh sekumpulan berandalan yang sebelumnya bahkan tak pernah peduli pada orang lain.

Pada akhirnya, dengan tim berisikan orang-orang yang sudah berasa seperti keluarga, yang punya rasa solidaritas dan bisa mengenyahkan ego, tim Mustangs akhirnya menang di laga play off atas lawan sama yang sebelumnya meng-KO mereka 38-0.

Ada banyak pesan bagus yang muncul dari film karya sutradara Phil Joanou serta penulis Jeff Maguire ini. Tentang setiap orang memiliki kesempatan berubah menjadi lebih baik. Tentang kemenangan dalam hidup yang harus diperjuangkan.

Utamanya tentang pentingnya solidaritas dan persaudaraan dalam mencapai harapan yang ingin diperjuangkan.

Dari Gridiron Gang, kita bisa mendapat pencerahan. Bahwa solidaritas dan kemampuan bekerja sama itu bukan hanya milik 'mereka yang lurus' dan 'anak manis' yang dianggap baik oleh masyarakat.

Mereka yang dulunya pernah dicap buruk oleh lingkungannya, ternyata juga bisa bekerja sama satu lain. Bahkan mungkin, rasa solidaritas yang tercipta di antara mereka, bisa lebih kuat. Sebab, mereka harus lebih merasakan konflik dan kekecewaan sebelum menjadi saudara.

Posting Komentar