Sabtu, 11 Mei 2024

Shelter Rumah Hati dan Savy Amira WCC Mengadakan Pelatihan (Analisis SWOT)

Dalam mendidik anak korban dan pelaku ABH untuk belajar bisnis tentu dipenuhi dengan tantangan-tantangan yang perlu dihadapi. Pada pelaku dan korban ABH seringkali ada banyak hal yang masih belum terintegrasi baik secara sistem sehingga membuat operasional berjalan tidak lancar. Untuk dapat menjalankan bisnis yang baik, ada beberapa hal yang dapat direncanakan pada masa awal atau pun berkala di tengah operasional seperti memanfaatkan analisis SWOT. Pada dasarnya, analisis SWOT mencakup upaya-upaya untuk mengenali kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang menentukan kinerja perusahaan. Untuk memenuhi informasi yang diperlukan, hal ini dapat dicapai dengan informasi eksternal mengenai peluang dan ancaman dari banyak sumber termasuk pelanggan, dokumen pemerintah, pemasok, dan lain sebagainya yang memiliki irisan dengan bisnis terkait. Secara lebih detail SWOT yang merupakan akronim dari strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (peluang), dan threat (ancaman) dapat dijelaskan sebagai berikut:

– Strength (kekuatan)
Analisis kekuatan bisa dilihat dari sumber daya atau kapabilitas yang dimiliki oleh suatu jenis usaha dan sesuatu yang dapat dikendalikan oleh atau tersedia pada suatu jenis usaha. Hal ini biasanya sesuatu yang bersifat lebih unggul dibandingkan pesaing sejenis, yang membuat usaha kita menjadi pemenang pasar diantara kompetisi.

– Weakness (kelemahan)
Analisis kelemahan bisa dilihat sebagai suatu keterbasan atau kekurangan yang dimiliki dalam suatu jenis usaha. Hal ini dapat berupa sumber daya atau kapabilitas yang masih dinilai kurang dan berpotensi sebagai suatu hambatan terutama jika dibandingkan dengan pesaing sejenis.

– Opportunity (peluang)
Analisis peluang dapat dilakukan dengan melihat situasi utama yang menguntungkan pada suatu jenis usaha. Hal ini dapat juga dilihat dari sebuah tren yang beririsan dengan bidang usaha yang kita miliki atau yang dapat diterapkan dengan jenis usaha yang sedang kita jalankan. Kondisi persaingan, regulasi, perubahan teknologi, serta hubungan antara pembeli dan pemasik dapat juga dilihat sebagai sebuah peluang yang perlu dimanfaaatkan.

– Threat (ancaman)
Analisis ancaman dapat dilihat sebagai sesuatu yang tidak menguntungkan dan dapat memunculkan kerugian pada jenis usaha yang dimiliki. Ancaman ini dapat berupa berbagai bentuk mulai dari adanya pesaing baru, pertumbuhan pasar yang stagnan bahkan lamban, hingga perubahan tren dan lain sebagainya. Analisis ancaman dapat menjadi sangat bermanfaat karena dapat menghindarkan usaha dari sebuah kerugian yang mungkin akan mematikan.
Setelah menganalisis dan mengetahui SWOT dari sebuah jenis usaha, dapat melihat hasil yang biasanya berupa arahan atau rekomendasi untuk meningkatkan atau mengantisipasi arah jenis usaha agar menjadi lebih efektif dan efisien baik dari segi operasional maupun pengembangan bisnis. Karena pada dasarnya sebuah usaha harus berfokus pada Kekuatan dan Peluangnya bisa berpotensi sukses

Dengan menerapkan analisis SWOT ini, dapat lebih memetakan secara strategis rancangan ke depan suatu jenis usaha baik dengan meningkatkan nilai lebih yang dimiliki atau mereduksi kemungkinan ancaman yang dapat terjadi selama perjalanan bisnis dilakukan. Meski terlihat mudah, analisis SWOT juga dapat cukup membingungkan terutama yang baru memulai bisnisnya. Untuk dapat memahami analisis SWOT.

Shelter Rumah Hati dan Savy Amira WCC mengadakan pelatihan seminar atau pelatihan yang diselenggarakan di UBAYA ini mempersiapkan pendamping untuk bisa memberikan ilmuya kepada anak-anak ABH memberikan pondasi usaha yang kuat sehingga siap untuk usaha.

Kegiata. Ini dilaksanakan dalam 2 hari ini yang saling berkaitan yaitu Business Plan, Webinar Perancangan Produk, dan Webinar Manajemen Produksi. Seri webinar yang diadakan bertujuan mendorong anak-anak ABH agar terus berkembang dan bisa beradaptasi dengan berbagai perubahan di dunia bisnis yang memiliki persaingan sangat ketat.

Posting Komentar