Jumat, 19 Juli 2024

Literasi Digital untuk Remaja : Smart Teenager, Smart Gadgets

Remaja merupakan masa transisi. Disebut transisi karena adalah masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa, dimana terjadi pertumbuhan signifikan baik fisik, alat reproduksi, hormon, otak sehingga memengaruhi perkembangan kognisi, emosi, komunikasi dan relasi sosial. Terjadi perbedaan masa remaja yang dialami remaja dulu dengan remaja masa kini. Remaja masa kini hidup dalam kemajuan teknologi khususnya internet yang sangat pesat. Remaja masa kini adalah remaja yang hidup dengan internet. Mereka bergaul akrab dengan gadget.

Kemajuan ini tentunya banyak membawa pengaruh kepada remaja. Kemajuan internet selain membawa dampak positif namun membawa dampak negatif. Selain mendengar kabar tentang hebatnya prestasi yang diukir remaja saat ini namun banyak pula kabar tidak enak yang diberitakan tentang remaja yang bermasalah akibat tidak cerdas dalam bergadget. Remaja bukan saja sebagai generasi penerus bangsa, juga merupakan penerus kaum dan keluarga yang tentunya diharapkan menjadi suatu kebanggaan.

Untuk menyelamatkan masa depan remaja sebagai generasi penerus, mereka perlu diedukasi secara intensif untuk meningkatkan pemahaman mereka secara komprehensif baik dalam hal tanggung jawab, tugas dan peran mereka. Salah satu bentuk edukasi yang perlu diberikan kepada remaja adalah literasi digital yakni pengetahuan dan kecakapan pengguna memanfaatkan internet dalam bermedia digital (bergadget).

Posting Komentar