Kamis, 04 April 2024

Ajak Anak ABH Mengenal Potensi Dirinya

Mengajak anak-anak ABH untuk mengenal potensi apa yang mereka punya. Dengan terbatasnya ruang disebabkan dari stigma masyarakat, anak tidak lagi dapat berkegiatan seperti saat mereka tidak menyandang gelar ABH. Sehingga kemampuan, hobi, keahlian mereka yang tidak dapat terfasilitasi, tidak dapat lagi mereka lanjutkan.

Menggunakan metode menulis di papan , anak-anak mengisi dengan dipandu pendamping. Anak diarahkan untuk menulis sikap yang cocok dengan dirinya, menulis hobi yang mereka suka, menuliskan hal-hal apa yang sering memenuhi pikirannya, keterampilan yang mereka kuasai, dan cita-cita.

Dalam pengisian, masih ditemukan beberapa anak yang kesulitan membaca dan menulis. Ada dari mereka yang tidak tamat SD, dan sudah tidak sekolah hampir 3 tahun. Namun antusiasme anak cukup tinggi saat mereka membacakan hasil tulisannya. Membayangkan hal apa saja yang akan mereka lakukan setelah pulang, tetapi masih ada anak yang khawatir dirinya kurang siap kembali ke masyarakat, namun ada juga yang sudah siap.

Anak sadar bahwa akan ada perlakuan beda dari masyarakat pada dirinya yang merupakan alumni lembaga pembinaan. Akan tetapi, menulis potensi diri ini menjadi satu pemantik motivasi bagi anak, untuk berkeinginan kuat mengubah diri menjadi lebih baik agar dapat mencapai cita-cita yang diingini. Maka perlu sekali dukungan dari kita, masyarakat, supaya apa yang dicitakan anak dapat terwujud. Supaya mereka tidak lagi berakhir kembali menjadi penghuni jeruji besi. Bahwa cara pandang kita terhadap mereka juga tak kalah pentingnya untuk diubah, agar tidak ada lagi ketakutan anak menghadapi masyarakat. 

Posting Komentar