Jumat, 05 April 2024

Menanamkan 12 Nilai Dasar Perdamaian Ke Anak ABH

Tuhan itu menciptakan kita berbeda, bisa saja tuhan menciptakan kita sama atau sejenis. Tetapi, yang dilarang oleh tuhan itu adalah perpecahan bukan perbedaan. Karena perbedaan itu niscaya, sedangkan perpecahan itu ulah manusia”.

Perdamaian itu sebenarnya tidak hanya ada di setiap perbedaan, tetapi juga ada di setiap ruang dan waktu. Isu terkait perdamaian juga relevan untuk dibicarakan di semua kalangan. Ketika membahas terkait perdamaian sebenarnya kita bisa mulai dengan hal kecil sebelum kita memikirkan ke hal–hal yang lebih besar, seperti konflik anak-anak yang berkonflik dengan hukum (ABH) dan sebagainya.

Awali dengan berdamai dengan diri kita sendiri dulu, setelah hal itu sudah bisa kita rasakan, kita akan jadi jauh lebih mudah untuk melakukan perubahan lebih besar dalam menciptakan perdamaian. Salah satu cara untuk berdamai dengan diri sendiri adalah dengan melakukan morning refleksi. Morning refleksi yaitu kita melakukan refleksi atau memberikan pertanyaan–pertanyaan kepada diri kita sendiri untuk mengenal lebih dalam tentang diri sendiri.

Untuk mengenal lebih dalam tentang Perdamaian, seharusnya memahami Dua belas nilai dasar perdamaian itu sendiri yang terdiri dari :
1. nilai menerima diri sendiri
2. menghapus prasangka
3. keragaman etnik
4. perbedaan agama
5. perbedaan gender
6. perbedaan status sosial
7. perbedaan kelompok
8. merayakan
9. keberagaman
10. memahami konflik
11. menolak kekerasan
12. mengakui kesalahan, dan memaafkan.

Dari 12 nilai dasar perdamaian tersebut, lebih ideal jika dipahami secara berurutan. Dimulai dari nilai menerima diri sendiri atau perubahan internal, baru ke tahap nilai yang lain. Untuk menanamkan dan menumbuknan nilai dasar perdamaian pada anak ABH kiranya bayak pihak yang mendukung seperti kegiatan Forum Remaja Jombang yang menggandeng Shelter Rumah Hati untuk melihat perbedaan dari dekat dan merasakan langsung dengan anak-anak ABH.

Mari kita bersama jadi agen perdamaian dan langsung turut menebarkan semangat perdamaian di mana pun berada dan kita buktikan bahwa damai dan persatuan dapat terwujud meskipun adanya perbedaan.

Posting Komentar